Minggu, 01 April 2018

Soal UAS MATKUL Teori Belajar Bahasa (semester 3)



1.       Jelaskan faktor-faktor apa saja pendukung bahasa B2 !
Jawab :
a)      Faktor motivasi
Motivasi ini erat kaitannya dengan keberhasilan seseorang dalam pemerolehan B2. Motivasi seseorang didapat dari suatu dorongan internal dan eksternal yang mendorong seseorang untuk belajar karena adanya hasrat, kebutuhan, harapan dan cita-cita yang merupakan penggerak di dalam diri peserta didik sehingga diharapkan tujuan pemerolehan B2 dapat tercapai dengan baik dan efisien.
b)      Faktor usia
Jika pembelajaran B2 dengan terjun langsung di lingkungan penutur asli, orang dewasa cenderung lebih cepat memperoleh B2 dibandingkan dengan anak-anak, hal ini dikarenakan otak dewasa berfungsi lebih sempurna dibandingkan dengan otak anak-anak dan orang dewasa memiliki lebih banyak pengalaman berbahasa dibandingkan dengan anak-anak.
c)       Faktor penyajian formal
ñ          Peran guru
ñ          Peran pelajar
ñ          Peranan program
Pemerolehan B2, merupakan sebuah kebutuhan bagi anak ketika sedang mengikuti pendidikan di lembaga formal, lembaga formal yang dimaksud adalah “ sekolah “ (SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi ).
d)      Faktor bahasa pertama (B1)
B1 mempunyai pengaruh positif yang sangat besar terhadap B2 karena, pelajar akan bergantung pada struktur-struktur B1 dalam upaya komunikasi maupun terjemahan.
e)      Faktor lingkungan
Faktor lingkungan dalam pemerolehan B2 merupakan hal yang paling berpengaruh. Karena semua aspek dalam kehidupan, faktor lingkunganlah yang sangat berperan aktif.

2.       Jelaskan pemerolehan bahasa terpimpin dan alamiah !
Jawab :
a)      Pemerolehan B2 terpimpin
Di dalam pemerolehan B2 secara terpimpin berarti pemerolehan B2 yang diajarkan kepada pelajar dengan menyajikan meteri yang sudah dipahami, yaitu tanpa latihan yang terlalu ketat disertai kesalahan dari pihak pelajar.
b)      Pemerolehan B2 alamiah
Yaitu pemerolehan B2 yang terjadi dalam komunikasi sehari-hari, bebas dari pengajaran atau pimpinan guru. Contoh : seorang imigran dari Thailand yang menetap di Indonesia akan memperoleh B2 dengan cara berinteraksi dengan penduduk asli, pergi ke pasar, bertemu dengan orang di tempat umum, dll.

3.       Jelaskan perbedaan beserta pelopornya mengenai pandangan Nativisme, Behaviorisme, dan Kognitivisme !
Jawab :
a)      Pandangan Nativisme diwakili oleh Noam Chomsky
Pandangan ini mengatakan selama proses pemerolehan B1 anak-anak sedikit demi sedikit membuka kemampuan lingualnya secara genetis telah direncanakan
b)      Pandangan Behaviorisme diwakili oleh B.F Skinner
Pandangan ini menitikberatkan pada proses pemerolehan B1 yang dikendalikan dari luar diri anak, yaitu oleh rangsangan yang diberikan melalui lingkungan.
c)       Pandangan Kognitivisme diwakili oleh Jean Pieget
Menurut Pieget, bahasa bukanlah suatu cirri alamiah yang terpisah, melainkan salah satu di antara beberapa kemampuan yang berasal dari kematangan kognitif.

4.       Jelaskan tahap perkembangan kognitif anak menurut Pieget !
Jawab :
a)      Tahap sensomotorik (0-2 tahun)
Bayi bergerak dari tindakan reflex instinktif pada saat lahir sampai permulaan pemikiran simbolis. Bayi membangun suatu pemahaman tentang dunia melalui pengkoordinasian pengalaman-pengalaman sensor dengan tindakan fisik.
b)      Tahap praoperasional (2-7 tahun)
Anak mulai mempresentasikan dunia dengan kata-kata dan gambar-gambar. Ini menunjukan adanya peningkatan pemikiran simbolis
c)       Tahap praoperasional konkret (7-11 tahun)
Pada saat ini anak dapat berpikir secara logis mengenai peristiwa-peristiwa yang konkrit dan mengklasifikasikan benda-benda ke dalam bentuk-bentuk yang berbeda
d)      Tahap operasional formal (11 tahun keatas)
Anak remaja berpikir dengan cara yang lebih abstrak dan logis. Pemikiran lebih idealistic.

5.       Apa yang dimaksud dengan belajar bahasa dalam konteks bahasa Indonesia !
Jawab :
Yang dimaksud yaitu belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar komunikasi. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemempuan pembelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan.

6.       Jelaskan peranan guru dalam pembelajaran B2 !
Jawab :
a)      Fasilitator
Ia harus dapat menyediakan/melakukan sesuatu yang memudahkan pelajar dalam belajar B2
b)      Motivator
Ia harus menumbuhkan, menjaga dan meningkatkan motivasi belajar, serta menghilangkan kecemasan pada pelajar dalam melaksanakan kegiatan belajar B2
c)       Pengelola
Ia harus dapat mengelola kelas, kegiatan belajar serta bahan ajar dsb. Serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

7.       Jelaskan prinsip-prinsip dalam pembelajaran B2 !
Jawab :
Hadley menyebut prinsip sebagai hipotesis, karena prinsip-prinsip itu masih terus berkembang dan direvisi.
Hipotesis 1 = pelajar harus diberi kesempatan untuk berlatih menggunakan bahsa dalam konteks pemakaian yang ada dalam bahasa target itu.
Hipotesis 2 = pelajar harus diberikan kesempatan untuk berlatih menggunakan berbagai fungsi bahasa yang mungkin diperlukan untuk bergaul dengan orang lain dalam budaya target.
Hipotesis 3 = pengembangan ketepatan bahasa harus digalakkan dalam pengajaran yang berorientasi pada kemahiran.
Hipotesis 4 = pengajaran perlu bersifat responsive terhadap kebutuhan afektif maupun kognitif pelajar. Disamping itu perlu diperhatikan perbedaan mereka dalam kepribadian prefensi serta gaya belajarnya.
Hipotesis 5 = pemahaman budaya perlu diupayakan dengan berbagai cara sehingga pelajar peka terhadap budaya lain serta siap untuk hidup lebih harmonis dalam masyarakat B2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar