Selasa, 10 April 2018

SOAL UTS TEORI BELAJAR BAHASA ( semester 3)


SOAL UTS TBB ( SEMESTER 3)
1.       Menurut Chomsky, faktor-faktor apa yang dapat mengubah struktur bahasa dan jelaskan hasil pengamatan yang dihasilkan olehnya!
Jawab :
Struktur bahasa dapat diubah dengan hipotesis nurani ( hati ) karena nurani lahir dari beberapa pengamatan yang dilakukan para ahli bahasa. Hasil pengamatan :
a.       Anak – anak yang normal dan tidak normal memiliki bahasa pertama
b.      Pemerolehan bahasa tidak memiliki keterkaitan dengan kecerdasan
c.       Kata – kata maupun kalimat – kalimat yang diucapkan oleh mereka sering tidak terstruktur
d.      Bahasa hanya milik manusia, selain manusia tidak memiliki bahasa
e.      Pemerolehan bahasa pertama pada anak – anak dapat diperoleh dalam waktu yang sama
f.        Bertambah usia anak, struktur bahasa dari yang mudah menuju perumitan

2.       Jelaskan perbedaan perkembangan bahasa menurut nativisme, behaviorisme, dan kognitivisme!
Jawab :
Nativisme = mengatakan selama proses pemerolehan bahasa pertama, anak-anak sedikit demi sedikit membuka kemampuan lingualnya secara genetis.
Behaviorisme = menitikberatkan pada proses pemerolehan bahasa pertama, yang dikendalikan dari luar diri anak yaitu oleh rangsangan dari lingkungan.
Kognitivisme = perkembangan kognitif harus tercapai terlebih dahulu kemudian disusul pengetahuan dalam bentuk keterampilan berbahasa.

3.       Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman bahasa daerah. Jelaskan perbedaan alih kode, campur kode, dan interferensi bahasa!
Jawab :
Alih kode = mengganti bahasa yang digunakan oleh seorang bilingual atau sepert bahasa daerah ke bahasa Indonesia, dari bahasa Indonesia ke bahasa Asing, dsb.
Campur kode = penggunaan 2 bahasa/lebih bahasa/ragam bahasa secara santai antara orang-orang yang dikenal dengan akrab.
Interferensi bahasa = kekeliruan yang disebabkan oleh adanya pengucapan suatu bahasa lain, mencakup pengucapan satuan bunyi, tata bahasa, dan kosakata.

4.       Bagaimana hubungan antara kemampuan bahasa dengan intelegensia anak?
Jawab :
Mempunyai hubungan yang tinggi, seseorang yang kurang intelek akan mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat yang baik, logis, dan sistematis. Hal ini berakibat sulitnya berkomunikasi atau merangkai kata-kata yang ia ucapkan. Contohnya ketika seseorang berbicara di depan umum, apabila ia memiliki intelektual tinggi pasti akan berbicara dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar